Css

Selasa, 06 November 2012

Cara Mudah Memperbaiki Kerusakan Layar Touchscreen

Cara Mudah Memperbaiki Kerusakan Layar Touchscreen

pembuatan posting baru ini 5 detik setelah saya menyelesaikan postingan yang pertama ^^, karena didepan saya ada majalah PHONE 3 yaaa saya tak posting tentang Teknologi daaaah. info ini sy ambil dari PHONE 3 edisi 162, hal 38. Oh iya, karena sy nggak puny HP touchscreen, saya cuman COPAS COPAS aja, tapi maaf untuk pihak PHONE 3, ada beberapa bagian yang saya saya rubah rubah ^^

BACAAAA!! hehehehehe ^^Y

Ada banyak jenis layar yang digunakan ponsel dan smartphone saat ini, diantaranya CSTN, TFT atau OLED. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah teknologi TFT yang lebih kaya akan fitur warna. Selain itu ada juga layar Touchscreen ( layar sentuh ) yang mengusung kapasitas dan resistif berbasis teknologi TFT.

Touchscreen adalah sebuah tampilan visual elektronik yang dapatmendeteksi keberadaan dan lokasi sebuah sentuhan dalam area layar, baik itu menggunakan sentuhan lansung jari atau menggunakan alat bantu seperti stylus. Dengan teknologi yang menakjubkan tersebut, tentu saja ponsel layar sentuh banyak diminati oleh pengguna karena saat ini ponsel lokal juga banyak yang menggunakannya.

Saat ini banyak pengguna tidak mengerti bagaimana cara kerja ponsel Touchscreen. karena hampir semua ponsel Touchscreen saat ini penggunaannya ada dilayar, tidak lagi menggunakan keypad sebagai bantuannya kecuali tombol Call, End Call dan Menu

Banyak, yang bilang jika Touchscreen tidak berfungsi walaupun kita sudah menyentuhnya berkali kali, kerusakannyaada di LCD. Ternyata kerusakan Touchscreen hanya berpengaruh pada layar bagian atas saja, bukan pada bagian LCD didalamnya, karena mereka terpisah.

Untuk lebih mengetahui secara jelas kami memperbaiki kerusakan ponsel Touchscreen di ponsel Asiafone. Kerusakan ponsel ini terjadi karena layar tidak berfungsi walaupun sudah disentuk berkali kali untuk memainkan fitur didalamnya.

jika terjadi kerusahakan layar touchsreen, hal hal yang perlu kamu lakukan adalah
1. Langkah pertama buka penutup baterai dan bautnya, lalu buka casing dan pisahkan dari mesinnya.
2. Pada saat mesin/PCB sudah dipisahkan dengan casing, Anda akan melihat layar LCD terdapat 2 lapisan. Lapisan paling atas itu adalah bagian Touchscreen yang berfungsi ketika disentuh, maka bagian atas penutup layar ini adalah penyebab kerusakannya.
3. Anda tidak boleh langsung mencabut kaca touchsreen ini begitu saja, karena pada bagian bawah ada flexible yang terhubung dengan flexible LCD dan itu disolder, maka anda harus membuka solder tersebut baru kemudian menggantinya. Ingat Anda harus hati-hati.
4.Setelah berhasil mencabutnya, Anda bisa menggantinya dengan Touchscreen baru. Harga kisaran Touchscreen tersebut lebih murah dari harga LCD. Untuk membelinya, anda bisa membawa Touchscreen yang rusak sebagai contoh.
5. Langkah selanjutnya, pasang Touchscreen kembali, dan dilas menggunakan solder
6. Setelah berhasil memasang Touchscreen, anda jangan langsung memasang kembali casing dan baut bautnya, tetapi mencobaya dengan posisi telanjang terlebih dahulu, ini untuk mengantisipasi jika ponsel masih belum berfungsi dengan baik.
7. Jika Touchscreen sudah berfungsi, selanjutnya anda harus melakukan settingan calibration layar agar bisa berfungsi dengan baik. Settingan Calibration ini ada di menu settingan-calibration dan ikuti tanda tanda silang dilayarnya. jika calibration masih failed, maka anda harus mengecek kembali pemasangannya.

fiuuuh, ternyata ngetik 10 menit pegel juga...ok itu tadi tips "cara mudah memperbaiki kerusakan layar Touchscreen", semoga membantu ^^

irfan zein anshori

Tidak ada komentar:

Posting Komentar